Cara Membuat Artikel Terkait Berdasarkan Penulis di Blog Wordpress

Selasa, 05 Juni 2012

Artikel terkait adalah salah satu widget yang menurut aku sangat penting pada sebuah blog karena bisa mengarahkan pembaca pada artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Artikel terkait sendiri ada beberapa macam. Ada artikel terkait berdasarkan Tag artikel, Kategori Artikel dan Penulis Artikel.

Nah, kali ini kita akan buat artikel terkait yang berdasarkan penulis artikel tersebut. Cara yang akan kita gunakan ini adalah cara memasang artikel terkait tanpa menggunakan plugin.

1. Masuk ke halaman editor theme dan cari file functions.php dan dibuka file tersebut


2. Setelah itu salin script yang ada di bawah ini dan tempelkan pada file functions.php.

function get_related_author_posts() {
    global $authordata, $post;
    $authors_posts = get_posts( array( 'author' => $authordata->ID, 'post__not_in' => array( $post->ID ), 'posts_per_page' => 5 ) );
    $output = '<ul>';
    foreach ( $authors_posts as $authors_post ) {
        $output .= '<li><a href="' . get_permalink( $authors_post->ID ) . '">' . apply_filters( 'the_title', $authors_post->post_title, $authors_post->ID ) . '</a></li>';
    }
    $output .= '</ul>';
    return $output;
}

3. Pada angka 5 yang ada warna merah tersebut adalah jumlah artikel terkait yang akan muncul di setiap artikel. Kamu bisa merubahnya seberapapun kamu mau.

4. Setelah kamu tempelkan script tadi sekarang klik tombol update untuk menyimpan.

5. Selanjutnya kamu buka file Singel.php lalu letakkan kode berikut ini <?php echo get_related_author_posts(); ?> peletakan kode ini terserah pada kamu mau di letakan di akhir artikel atau dimana saja boleh.

6. Setelah itu tekan tombol update selesai dan lihat hasilnya.

Kode script diatas di ambil dari blog margasatrya.com. Jika masih ada yang kebingungan silakan di tanya di kotak komentar dan mungkin kita bisa membahasnya bersama-sama.

Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Editor Picks